Komunikasi

saya bukan orang komunikasi..

saya juga bukan orang yang pintar dalam berkomunikasi, sering salah persepsi yang ada juga…

saya juga termasuk orang yang kurang asertif dan cenderung menutup diri

tetapi ada satu orang yang mewanti-wanti saya soal komunikasi. nampaknya wejangan salah seorang kakak ketemu gede saya begitu meresap di dalam pikirannya. ia selalu mengatakan komunikasi itu penting.

sayapun merasakannya. betapa pentingnya komunikasi itu dalam sebuah hubungan. tanpa komunikasi, banyak hal yang terjadi. yah contohnya saja saya dulu sering berantem dengan mantan saya karena hal yang satu ini. jadi begitu saya memiliki pasangan, kakak ketemu gede saya ini langsung minta diketemukan dengan dia. begitu bertemu saya tak tahu wejangan apa saja yang diberikan oleh beliau [ga boleh denger soalnya😦 ], tetapi yang saya boleh dengar adalah hanya soal komunikasi. komunikasikan segala sesuatunya.

awalnya saya hanya mengira komunikasi yang dimaksudkan adalah seperti memberikan perhatian tiap hari, menanyakan kabar apa yang terjadi hari itu, sudah makan apa belu, sudah shalat apa belum, dan hal-hal sepele tetapi terkadang berpengaruh besar. karena hal=hal sepele seperti ini sebenarnya adalah suatu bentuk perhatian.

saat menjalani hubungan ini, terasa sekali betapa komunikasi itu penting. tak sekedar bentuk perhatian seperti di atas saja tetapi juga mengenai saling mengetahui apa yang dirasakan oleh pasangan, sehingga ketika ada sesuatu yang membuat tidak nyaman, hal itu bisa segera diubah, diperbaiki, sehingga chemistry dan perasaan nyaman itu tetap terpelihara. pernah sekali saya memendam apa yang saya rasakan, yang membuat saya tidak nyaman. ternyata tingkah laku saya yang memendam itu malah membuat ia bertanya-tanya, sampai akhirnya saya memberanikan diri mengkomunikasikan apa yang saya rasakan. sakit? ga nyaman? pastinya! tetapi begitu masalah itu terselesaikan dan beres, ada perasaan lega di hati dan membuat kenyamanan dalam hubungan kami bertambah.

jadi ingat salah satu iklan teh yang suka ada di TV. nge-teh adalah saat berkomunikasi yang menyenangkan. di iklan itu diberitahukan bagaimana pentingnya komunikasi dan saling pengertian. senang melihat iklannya [walau bukan konsumen teh itu :D]. iklannya simple, tapi kena banget maksudnya. bagaimana kesalnya kita, saat dikomunikasikan dan dibicarakan apa masalahnya, tentu cra penyelesaiannya akan lebih mudah.

mungkin awalnya sulit. saya juga merasakannya. ga nyaman sekali ketika saya harus mulai mengatakan apa yang saya rasakan. tetapi dari sana saya belajar. untuk tahu apa maksud di balik tingkah lakunya, apa yang menjadi pikiran ia ketika berperilaku seperti itu. minimal hal-hal yang kita bicarakan mendewasakan kita dan menjadikan kita lebih baik lagi. daripada kita bergulat dengan pikiran kita sendiri dan jadi berasumsi yang aneh-aneh, padahal belum tentu maksud seseorang seperti itu sesuai dengan asumsi kita. karena itu lebih baik komunikasikan saja.

saya di postingan ini hanya sharing,,,betapa pentingnya komunikasi. seperti kata seseorang “kalo komunikasi jalan, semua akan lancar”

Leave a Reply

