Tutorial: Mencari Validitas Alat Ukur

Mencari validitas sebuah alat ukur itu gampang-gampang susah. Susah karena ribet nulisinnya, gampang karena kalo udah tahu tinggal klik klik doang. Biasanya yang saya lakukan ketika akan menghitung validitas adalah menskoring terlebih dahulu alat ukur yang kita buat dan memindahkannya ke excel.
Tampilan di excelnya seperti diatas. Jadi kesebelah kanan adalah nomer item, kebawah adalah nomer respondennya. Kegunaan membuat ini  untuk melihat jawaban disetiap item secara keseluruhan.

Hal berikutnya yang saya lakukan adalah mengkategorikan pernyataan sesuai dengan sub-aspek yang ada. Sebenernya untuk pengkategorian ini boleh sesuai dengan indikator, sub-aspek, ataupun aspek. Tergantung kebutuhan. Untuk skripsi kemarin, saya menggambarkannya berdasarkan sub-aspek. Proses ini memudahkan kita untuk nanti membuat validitas, reliabilitas, dan juga saat mengolah data.

Di sheet berikutnya, saya mengkategorikan item berdasarkan sub-aspek dan juga hasil penjumlahan dari jawaban tiap responden untuk sub-aspek tersebut. Untuk memudahkan, tiap sub-aspek dikasi warna berbeda untuk bagian atasnya. Untuk membedakan item positif dan negatif, saya juga memberikan warna merah pada item negatif. Setelah proses ini selesai, barulah kita beralih ke SPSS.

Program SPSS yang digunakan adalah SPSS18. Awalnya saya kira akan sangat merepotkan ketika menggunakan SPSS, ternyata mudah loh memakainya. Tidak sesulit yang dibayangkan. Jadi setelah masuk SPSS, kita mengcopy skor sub-aspek yang ingin diketahui validitasnya serta jumlah skor persub-aspek tersebut. Jika sudah, tampilannya akan seperti ini: Sebenarnya, saat baru memindahkan, akan ada dua angka desimal dibelakang koma. Untuk menghapusnya, arahkan kursor ke variable view dan mengkliknya, kemudian cari tabel bertuliskan “decimal” dan ganti angka “2” menjadi “0”. Setelah itu kembali ke data view, maka tidak akan ada dua angka desimal dibelakang koma. Untuk mencari validitas, dipaling atas cari “analize” –> “correlate” –> “bivariate”

Dari sini akan muncul tabel bivariate correlation. Item yang ingin kita uji validitasnya di drag dari sebelah kiri ke kanan. Setelah itu silahkan memilih ingin memakain koefisien korelasi dari siapa. Untuk skripsi, saya menggunakan koefisien korelasi Spearman. Untuk tes significant-nya kita juga dapat memilih mau two tailed (0.05) atau one tailed(0.01). Setelah semuanya dilengkapi tinggal klik OK. Biasanya akan memakan waktu sebentar untuk kita mengetahui  validitasnya.

Pada layar, nanti akan terlihat hasilnya seperti gambar diatas. Untuk memudahkan melihat item secara keseluruhan, kita bisa double click tepat di tabelnya. Hal ini dikarenakan ketika melihat hasil perhitungan, kita hanya dapat melihat hingga item ketigabelas, sehingga harus di double click untuk melihat keseluruhan item. Validitas item yang kita lihat adalah di kotak yang paling kanan. Apabila kita melihat tanda bintang disebelah angka, berarti item tersebut valid.

Apabila ternyata pada satu indikator atau sub-aspek tidak ada yang valid, cara yang biasa saya gunakan adalah memindahkan hasil validitas tersebut ke excel. Gunanya adalah agar kita dapat melihat nilai validitas item dan menggunakan kriteria norma Cronbach. Alasan saya menggunakan kriteria dari Cronbach, karena menurut Cronbach, item yang dikatakan baik jika berkisar antara 0,30 sampai dengan 0,50 (Azwar, 1999:103).

Itulah cara yang saya lakukan untuk mendapatkan validitas alat ukur saat mengerjakan skripsi kemarin. Semoga bermanfaat :).

About these ads

2 thoughts on “Tutorial: Mencari Validitas Alat Ukur

  1. Tutorialnya udah cukup jelas. Cuma mungkin yang bagian variabel view diperjelas kalo ada di bagian bawah, bisi ada yg ga jeli (kebanyakan suka nyangka yang bs di klik itu di bagian atas, kaya file, dll *pengalaman pribadi :p)
    Thank u ra :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s